7 Area Bekas Tambang yang Disulap Jadi Tempat Wisata Instagramable

Posted on

7 Area Bekas Tambang yang Disulap Jadi Tempat Wisata Instagramable – Daerah pertambangan umumnya diidentikkan dengan proses pengerukan sumber daya di suatu tempat yang sering menimbulkan lubang atau galian galian yang dibiarkan begitu saja dan tidak beroperasi lagi.

Namun, belakangan ini banyak sekali kawasan bekas tambang yang menjadi tempat wisata menarik yang hits dan sangat instagramable di media sosial.

Mau tahu kawasan bekas tambang apa saja yang disulap menjadi tempat wisata di berbagai daerah? Berikut 7 kawasan bekas tambang yang menjadi tempat wisata terpopuler.

Inilah 7 Area Bekas Tambang yang Jadi Tempat Wisata

Area Bekas Tambang yang Disulap Jadi Tempat Wisata

1. Telaga biru cisoka di Tangerang

Bekas kawasan pertambangan yang menjadi tempat wisata pertama berada di Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Tangerang yang merupakan bekas tambang pasir yang sudah lama tidak beroperasi.

Bekas lubang galian pasir ini membentuk sebuah danau yang sangat indah dengan air yang berwarna biru.

Kondisi danau yang memiliki pemandangan indah ini memang layak menjadi alternatif wisata di Tangerang yang wajib Kamu kunjungi.

2. Tebing Breksi di Yogyakarta

Sebuah tebing yang terletak di desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Tempat wisata yang hits dan instagramable ini dulunya adalah kawasan penambangan batu kapur yang berasal dari endapan abu vulkanik dari letusan gunung api purba Nglanggeran.

Berkunjung ke tebing breksi, Kamu bisa berfoto selfie dengan latar belakang tebing kapur yang menjulang tinggi terlihat begitu indah.

3. Telaga Ngipik di Gresik

Ini adalah salah satu bekas tambang tanah milik perusahaan Semen Gresik, lubang-lubang yang dibuat di tempat itu berangsur-angsur terisi air hujan hingga akhirnya menjadi sebuah danau yang kini menjadi tempat wisata hits dan instagramable di Gresik.

Danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan sejuk, karena dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun di sekitarnya.

4. Brown canyon di Semarang

Brown canyon sendiri berada di desa Rowosari, kecamatan Tembalang, Semarang yang juga merupakan salah satu tempat wisata yang merupakan bekas area penambangan untuk penggalian tanah, pasir, dan batuan padat.

Hingga saat ini area penambangan masih aktif, jadi tidak perlu heran jika datang pada siang hari pasti akan banyak melihat truk dan alat berat mengeruk bebatuan.

Datang ke brown canyon kamu bisa berburu foto keren, meski tempat ini bukan tempat wisata resmi.

5. Bukit kapur Arosbaya di Madura

Kawasan bekas tambang di Madura ini memiliki batuan keruk yang sangat unik dan sejuk yang tentunya sangat pas untuk dijadikan background foto.

Saking indahnya bukit kapur arosbaya yang sering dibagikan di media sosial khususnya Instagram, maka banyak orang datang untuk berburu selfie cantik di tempat tersebut.

6. Danau Kaolin di Belitung

Danau ini terletak di desa Air Raya Tanjung Pandan Belitung yang juga merupakan bekas tambang kaolin yang sudah lama tidak beroperasi.

Kapal keruk tersebut kemudian diisi dengan air dan kombinasi kaolin membuat air berwarna biru yang sangat indah.

Pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya ingin berfoto selfie dengan latar belakang birunya danau kaolin dan dinding batu putih yang terlihat begitu indah.

7. Bukit Puthuk Krebet di Tulungagung

Kawasan bekas tambang yang menjadi tempat wisata paling hits dan instagramable terakhir adalah Bukit Puthuk Krebet di Tulungagung. Setelah lama tidak beroperasi, tempat ini memang menjadi tempat wisata Kamulan di Tulungagung.

Karena area pertambangan ini menyisakan sebuah bukit dan 3 danau berwarna indah yang memiliki warna berbeda, yaitu hitam kecoklatan, hijau turquoise, dan hijau lumut.

Destinasi wisata lainnya:

Penutup

Buat kamu yang suka hunting foto di tempat yang indah dan tidak biasa. Maka 7 kawasan bekas tambang yang hits dan tempat wisata instagramable di atas bisa menjadi salah satu destinasi wisata kamu selanjutnya. Selamat berlibur dan semoga liburan Kamu berkesan.