Snorkeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul Jogjakarta

Posted on

Menghabiskan Liburan dengan Snorkeling di Pantai Nglambor – Liburan merupakan kegiatan yang bisa membuat siapa saja ceria dan bahagia.

Biasanya liburan dihabiskan di tempat-tempat yang memiliki wahana atau tempat wisata alam yang memiliki pemandangan alam yang indah. Indonesia dikenal sebagai negara agraris, sehingga tidak heran jika garis pantai Indonesia sangat luas.

Hal ini membuat sektor pariwisata di setiap daerah gencar memperkenalkan potensi pantai yang dimiliki daerah tersebut. Salah satunya adalah Pantai Nglambor yang terletak di kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta.

Selain Candi Borobudur dan Malioboro yang terkenal, ternyata Yogyakarta juga memiliki potensi pantai yang indah dan seru untuk dijadikan tempat liburan seru.

Pantai di Jogja ini terkenal memiliki ombak yang cukup tinggi dan besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Maka tak heran jika hampir setiap hari tempat wisata ini melarang untuk tidak berenang di laut, bahkan jika pengunjung ingin mandi dan bermain ombak hanya diperbolehkan mencapai pantai yang dangkal.

Namun jika kondisi laut sedang tidak tinggi dan ombaknya aman bagi pengunjung untuk bermain air, maka Kalian harus mencoba snorkeling di Pantai Nglambor.

Alam bawah laut pantai ini masih bagus dan terjaga, Kalian bisa melihat berbagai jenis kehidupan bawah laut di Pantai Nglambor.

Di antara deretan pantai yang dimiliki Jogja mayoritas memiliki ombak yang besar dan tersembunyi, namun ada dua pantai yang sangat sering dikunjungi wisatawan saat berlibur, yaitu Pantai Nglambor dan Pantai Sadranan.

Kalian bisa menjadikan kedua pantai ini sebagai tempat wisata yang seru dan menyenangkan bersama keluarga dan teman dekat.

Pantai Lambor atau Nglambor

Snorkeling di Pantai Nglambor

Pantai di Jogja ini memiliki alam bawah laut yang indah, jika ombaknya bersahabat dan pemandu mengizinkan berenang, maka pantai ini sangat cocok untuk snorkeling.

Pantai Lambor juga biasa disebut dengan pantai Nglambor, pantainya kecil dan diapit oleh dua bukit berbatu, pantai ini masih terjaga dan benar-benar bersih secara alami.

Pantai Lambor masih terpelihara dengan baik karena letaknya yang tersembunyi yang membuat pantai ini masih jarang dikunjungi, namun sekarang pantai ini sudah ramai dikunjungi wisatawan karena informasi dari mulut ke mulut dan media sosial, tentang pesona keindahan Pantai Lambor.

Untuk bisa mencapai pantai ini, wisatawan harus memarkir kendaraannya di pinggir jalan dan berjalan kaki melewati ladang kacang tanah dan deretan pohon pandan laut.

Hal ini menambah suasana liburan menjadi lebih berwarna dan memiliki cerita tersendiri, karena dari penatnya berjalan kaki akan menemukan surga tersembunyi yang bisa menghilangkan penat.

Pantai Lambor merupakan pantai yang menjadi salah satu pantai yang kini menjadi Kalianlan kota Jogja untuk kegiatan snorkeling yang masih terbilang baru.

Keunikan Pantai Lambor ini adalah tepat di depan teluk terdapat dua pulau karang yang memiliki bentuk menyerupai dua penyu raksasa yang sedang berjalan.

Selain memiliki panorama alam yang indah, dua pulau karang yang ada di pantai ini juga memiliki fungsi sebagai penahan ombak yang keras. Hal ini membuat perairan di pantai Lambor menjadi dangkal.

Selain itu, terumbu karang juga tumbuh indah karena terhalang oleh dua batu karang besar sehingga terbebas dari hempasan ombak besar.

Tidak hanya karena pemandangan alam yang indah, air laut di pantai ini juga cukup jernih dan para wisatawan yang berkunjung ke sini dapat melihat langsung dari permukaan biota bawah laut yang indah seperti terumbu karang, ikan warna-warni, rumput laut dan berbagai macam jenis. kehidupan laut.

Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke sini melakukan aktivitas snorkeling dan berenang di pantai tanpa khawatir tergulung ombak besar, karena terhalang oleh bebatuan besar tersebut.

Tapi semua itu melihat kondisi sekitar, jika pengelola memasang larangan, lebih baik mematuhi larangan yang ada. Semua demi keselamatan dan kebaikan bersama.

Pantai Lambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepu, Kab. Gunung Kidul Jogja, pantai ini memiliki jarak sekitar 70 km dari kota Yogyakarta.

Untuk bisa mencapai pantai ini, wisatawan bisa mengikuti jalan setapak menuju Pantai Siung atau bisa juga melihat papan penunjuk arah, karena sekarang sudah terpasang dengan baik.

Penutup

Semoga sekilas informasi di atas terkait Menghabiskan Liburan dengan Snorkeling di Pantai Nglambor dapat memberikan referensi liburan dan bermanfaat.