Berlibur Ke Luar Negeri? Siapin 15 Perlengkapan ini

Posted on

Berlibur Ke Luar Negeri! Siapa yang tidak mau! Bepergian ke luar negeri adalah impian semua orang. Jika ada kesempatan datang, tentu Kalian akan sangat bersemangat!

Dengan berkembangnya zaman, semakin banyak pula biro perjalanan wisata yang menawarkan liburan ke luar negeri dengan harga yang relatif murah, sehingga Kalian bisa mewujudkan liburan ke luar negeri yang hanya sebatas angan-angan saja.

Untuk berlibur ke luar negeri tentunya banyak hal yang harus Kalian persiapkan dengan berbagai perencanaan yang matang, mulai dari tiket, biaya, akomodasi, dan 15 perlengkapan berikut ini. Jika Kalian belum mengetahuinya, berikut ulasannya untuk Kalian.

Perlengkapan yang Wajib Kamu Siapkan untuk Berlibur ke Luar Negeri

Berlibur Ke Luar Negeri

1. Paspor

Hal pertama yang harus disiapkan untuk bisa berlibur ke luar negeri adalah paspor. Barang ini tentunya sangat penting, tanpa paspor kamu tidak akan bisa pergi ke luar negeri.

Jadi, paspor merupakan barang yang harus Kalian persiapkan terlebih dahulu. Tanpa paspor, Kalian akan kesulitan mendapatkan tiket pesawat. Jadi, buatlah paspor terlebih dahulu dan pastikan paspor yang Kalian bawa aktif.

2. Fotokopi Dokumen Perjalanan

Barang selanjutnya yang harus Kalian bawa adalah fotokopi dokumen perjalanan Kalian. Kalian juga bisa membawa dokumen aslinya, namun harus ditangani dengan hati-hati karena dikhawatirkan hilang.

Sebagai alternatif, Kalian cukup membawa fotokopinya saja. Dokumen perjalanan yang dimaksud, seperti tiket pesawat, bukti/tanda-tanda pemesanan penginapan, dan sebagainya.

Dokumen perjalanan ini wajib ada dalam daftar data bagasi Kalian, karena sebagai antisipasi dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan, karena tidak ada yang tahu, Kalian akan membutuhkannya sebentar di sana.

3. Kamus Mini

Di luar negeri tidak bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia, karena bahasa internasionalnya adalah bahasa Inggris.

Namun ada kendala lain yang harus dihadapi yaitu ketika Kalian berhadapan dengan penduduk lokal yang tidak bisa berbahasa Inggris, maka Kalian harus berkomunikasi menggunakan bahasa lokal.

Salah satu item yang dapat membantu Kalian adalah kamus mini sesuai dengan negara yang akan Kalian kunjungi. Barang kecil ini wajib kamu bawa saat liburan ke luar negeri.

Keberadaan kamus mini sangat bermanfaat. Selain membantu Kalian berkomunikasi, kamus ini juga membantu Kalian menghindari penipuan.

4. Kamus online

Hari demi hari waktu terus berkembang. Kemajuan teknologi tidak bisa diremehkan. Semuanya canggih dan mudah.

Jika kamu tidak bisa membawa kamus mini, maka alternatif lain adalah dengan mendownload kamus online yang bisa kamu temukan dengan mudah di playstore. Kalian juga dapat memilih kamus mode online atau offline.

Kehadirannya akan membantu Kalian untuk dapat berkomunikasi di negara-negara yang dikunjungi.

5. Buku Panduan Perjalanan

Setiap negara memiliki keunikan dan keunikan tersendiri yang tentunya belum Kalian ketahui secara mendalam. Apalagi jika Kalian baru pertama kali berkunjung, membawa buku Travel Guide sangat disarankan.

Meskipun teknologi semakin ketat, semuanya dapat dengan mudah diakses dengan internet.

Namun tidak ada yang tahu, daerah yang akan Kalian kunjungi memiliki jaringan yang sulit dijangkau, maka dari itu bawalah buku Panduan Wisata ini sebagai langkah yang dapat Kalian lakukan untuk menghindari kendala tersebut.

Lagi pula, buku-buku Travel Guide biasanya memberikan informasi yang lebih banyak dan lebih akurat daripada informasi dari internet.

6. Uang

Selanjutnya adalah uang. Yaitu uang tunai (Valuta Asing). Hal ini akan memudahkan Kalian untuk bertransaksi di luar negeri.

Selain itu, untuk berjaga-jaga Kalian juga bisa membawa uang rupiah, yang kemudian bisa ditukarkan dengan mata uang lokal.

7. Kartu kredit

Kartu kredit juga tidak boleh dilewatkan. Jadi, apakah Kalian membawa uang? Ya, tapi tetap saja, Kalian harus membawa kartu kredit jika Kalian kehabisan uang tunai.

Dalam menggunakan kartu kredit, pastikan transaksi ke luar negeri diaktifkan oleh bank penerbit kartu kredit Kalian.

8. Ponsel dengan Roaming Internasional

Agar tetap bisa berhubungan dengan keluarga atau teman, jangan lupa ponsel dalam keadaan roaming internasional. Jadi lebih mudah bagi Kalian untuk berkomunikasi.

9. Pengisi Daya Telepon

Ponsel sudah ada di tangan Kalian, jadi jangan lupa bawa chargernya juga ya! Barang penting ini, meskipun kecil, harus Kalian bawa untuk mengantisipasi baterai ponsel Kalian habis.

10. Konverter Internasional

Bentuk soket di setiap negara berbeda-beda. Agar Kalian bisa mendapatkan muatan listrik yang optimal, Kalian bisa membawa konverter internasional yang memiliki berbagai jenis colokan yang akan memudahkan Kalian untuk mengisi berbagai peralatan yang membutuhkan energi listrik.

11. Kamera

Hari libur lokal saja, kamera ini tak lepas dari para wisatawan. Apalagi berlibur ke luar negeri, tentunya kamera harus dibawa.

Kesempatan langka ini tentu harus diabadikan dalam bidikan yang indah. Kamera sebagai barang penting yang akan membantu mendokumentasikan perjalanan berharga Kalian.

12. Kotak P3K

Siapkan payung sebelum hujan. Semoga kalimat ini sangat cocok untuk Kalian yang ingin berlibur ke luar negeri dengan membawa peralatan medis seperti first aid kit.

Selain itu, bagi Kalian yang memiliki riwayat penyakit tertentu, tidak ada salahnya untuk membawa obat-obatan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

13. Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi merupakan barang berharga selanjutnya yang wajib Kalian bawa saat berlibur ke luar negeri. Untuk menghemat uang, Kalian bisa menyediakan sikat gigi, sabun, sampo, pasta gigi, handuk dan sebagainya dari Indonesia.

Meski bisa dibeli di sana, namun harganya belum bisa dipastikan lebih murah dan yang terpenting, sabun yang biasa Kalian gunakan adalah yang cocok dan cocok untuk tubuh Kalian.

14. Pakaian Cukup

Bawalah pakaian secukupnya, tidak kurang dan tidak lebih. Sesuaikan durasi liburan Kalian. Jadi kamu bisa dengan nyaman membawa barang-barang yang kamu bawa dan tidak membuatmu ribet.

15. Botol minum

Hah, botol air? Ya, sebotol air. Tak heran jika botol minum wajib masuk dalam daftar barang yang wajib dibawa saat berlibur ke luar negeri. Ini karena untuk meminimalkan pengeluaran Kalian.

Sebab, perlu diketahui bahwa harga sebotol air mineral di luar negeri sekitar 20.000 rupiah, empat kali lipat dari harga di Indonesia. Jadi, untuk menghemat pengeluaran Kalian, membawa botol air minum dari Indonesia adalah solusinya.

Kalian dapat mengisi ulang air secara gratis dari akomodasi Kalian. Bagaimana? Cara ini cukup menghemat pengeluaran Kalian bukan?

Destinasi wisata lainnya:

Penutup

Itulah deretan perlengkapan yang wajib kamu bawa saat berlibur ke luar negeri. Semoga bermanfaat untuk mempersiapkan perjalanan liburan Kalian. Selamat Bepergian!