13 Kuliner Khas Bandung

Posted on

13 Kuliner Khas Bandung – Bandung, kota yang dikenal dengan sebutan “Paris van Java” ini romantis dan penuh pesona. Kota yang memiliki kelengkapan dalam hal pariwisata. Baik wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Salah satu hal yang membuat wisatawan betah dan ketagihan adalah wisata kuliner di Bandung yang memanjakan lidah.

Keberadaan wisata kuliner tidak hanya dinikmati oleh warga Bandung, bahkan warga lokal dari luar daerah, bahkan orang asing pun tak mau ketinggalan untuk menikmatinya.

Berikut ini, setidaknya ada 13 kuliner khas Bandung yang membuat wisatawan rindu Bandung. Penasaran? Lanjutkan membaca ya!

Pilihan Kuliner Khas Bandung yang Bikin Nagih!

Kuliner Khas Bandung

1. Peuyeum

Berlibur ke kota bandung wajib mencicipi makanan yang satu ini. Peuyeum atau lebih dikenal dengan tape sangat identik dengan kota Bandung.

Kalian bisa dengan mudah menemukan jajanan khas Bandung ini, yang ditawarkan dengan cara digantung di depan sebuah warung pinggir jalan. Peuyeum biasanya ditemukan di sekitar Jalan Cihampelas.

Peuyeum merupakan olahan yang terbuat dari singkong dan sangat cocok dinikmati di tengah cuaca yang dingin dan sejuk seperti kota Bandung.

Selain bisa dinikmati langsung di tempat, Kalian juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh khas kota Bandung.

2. Surabi

Surabi, kue yang diolah dengan cara unik ini, dengan cara dibakar di atas tungku tanah liat, menjadi jajanan populer. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak surabi yang disajikan dengan varian dan rasa yang berbeda-beda.

Selain itu, rasanya bisa manis, gurih, atau asin, sesuai selera pembeli. Saat kamu liburan ke Bandung, jangan lewatkan snack yang satu ini! Karena surabi bisa memanjakan lidah dan membuat ketagihan.

3. Oncom Raos

Oncom raos merupakan produk kuliner berbahan dasar kedelai yang difermentasi. Disajikan dengan cara digoreng, oncom ini terasa renyah dan gurih di mulut.

4. Tempe gila

Selanjutnya, kuliner khas Bandung lainnya adalah Crazy Tempe. Jajanan khas Bandung ini dijamin bikin kamu peluh, panas, dan peluh yang tentunya bikin ketagihan.

Camilan ini terbuat dari tempe yang diolah menjadi keripik, disebut tempe gila karena rasanya yang sangat pedas. Ada 4 varian tempe gila ini yang bisa kamu pilih, antara lain varian Cobian, Karesep, Aing dan Gelo.

Keempat varian tersebut adalah tingkat kepedasan tempe. Jika Kalian menikmati jajanan ini, pastikan air minum tidak jauh dari jangkauan Kalian.

5. Tahu Bandung

Bukan hanya Sumedang yang tahu. Bandung juga memiliki tahu Kalianlan yang bisa menggetarkan setiap wisatawan yang membelinya. Teksturnya yang lembut dibalut dengan rasa yang gurih membuat jajanan yang satu ini diburu oleh para pembeli.

Selain harganya yang murah dan kaya akan kandungan protein yang baik untuk tubuh, jajanan yang satu ini bisa dengan mudah kamu temukan di sekitar Jalan Lembang/Jalan Jenderal Sudirman atau di Jalan Astana Anyar.

6. Keripik Maicih

Siapa yang tidak kenal dengan Keripik Maicih? Keripik yang terkenal di Indonesia dan pemiliknya sendiri disebut-sebut sebagai pengusaha keripik terbesar di Indonesia. Wow, itu luar biasa!

Buat kamu yang penyuka pedas wajib banget beli jajanan yang satu ini. Produk yang ditawarkan pun beragam, mulai dari keripik singkong, seblak, gurilem, basreng dan lain sebagainya.

Level kepedasannya bisa kamu pilih sendiri, mulai dari level 1 sampai level 10. Ayo level kepedasannya berapa? Penasaran? Kunjungi saja kota Bandung.

7. Pisang bollen

Banana Bollen merupakan salah satu makanan khas Bandung yang sudah muncul ke permukaan sejak tahun 70-an. Rasa yang selalu menggoyang lidah karena resepnya masih asli turun temurun.

Pisang bollen ini berhasil menjadi salah satu jajanan yang banyak dicari wisatawan saat liburan di kota bandung. Rasanya yang enak dan kualitasnya yang terjaga menjadi daya tarik tersendiri dari jajanan ini.

8. Pisang coklat

Selanjutnya ada pisang coklat atau warga Bandung sering menyebutnya “piscok”. Camilan berbahan dasar pisang ini sangat cocok disantap saat bersantai di kota yang sedingin dan sedingin kota Bandung.

Ditemani secangkir teh hangat pasti akan memanjakan liburan Kalian. Rasanya yang manis dan renyah menjadi pilihan banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung.

9. Picnic Roll

Picnic Roll adalah produk sejenis kue yang disajikan dengan isian daging ayam cincang atau daging berukuran besar dengan rasa yang sangat lezat.

Ada dua varian yang bisa kamu pilih, yakni varian ayam dan sapi. Sekali mencoba, saya yakin lidah Kalian akan ketagihan untuk mencoba lagi.

10. Martabak

Selanjutnya ada martabak khas Bandung yang akan memanjakan lidah Kalian. Selain menggoda, martabak Bandung memiliki rasa yang lembut dan khas. Makanan berbahan dasar tepung terigu ini banyak diminati oleh wisatawan.

Selain harganya yang terjangkau, martabak juga memiliki banyak varian yang bisa kamu pilih sesuai selera.

11. Mie kocok

Mie Shake adalah hidangan mie yang disajikan dengan campuran berbagai sayuran dan kikil daging sapi. Disajikan dengan kuah yang kental dan menyegarkan, mie kocok ini menjadi dambaan para pembeli.

Satu porsi Mie shake biasanya terdiri dari mi pipih, kikil sapi, tauge, dan aneka sayuran. Semua campuran ini siap menggoyang lidah Kalian.

12. Gepuk

Kuliner selanjutnya yang wajib kamu cicipi saat berada di Bandung adalah Gepuk. Makanan unik dan menarik ini siap menggiurkan lidah Kalian. Selain enak, perut juga akan mengenyangkan.

Gepuk adalah makanan olahan berbahan dasar daging sapi yang rasanya sedikit manis dan gurih. Gepuk bisa dinikmati dengan nasi putih ditambah lalapan dan sambal pedas. Wah, dijamin ketagihan deh sama makanan yang satu ini.

13. Colenak

Namanya saja sudah unik, apalagi rasanya. Colenak salah satu makanan khas Bandung yang wajib kamu coba.

Makanan ini cukup melegenda dan sudah ada sejak tahun 1930-an. Berasal dari peuyeum atau tape singkong yang dibakar kemudian dilumuri saus gula kelapa. Makanan enak ini bisa dengan mudah kamu temukan di kota Bandung.

Destinasi wisata lainnya:

Penutup

Itulah 13 kuliner khas Bandung yang bikin ketagihan wisatawan. Jika Kalian menelusuri lebih dalam tentang kota Bandung, maka ada kuliner lain yang bisa Kalian nikmati. Selamat berburu makanan khas Bandung!