Indahnya Golden Sunrise dari Negeri Atas Awan Dieng yang Mempesona

Posted on

Golden Sunrise dari Negeri Atas Awan DiengLiburan merupakan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Ada banyak hal menarik dan momen spesial ketika Kalian pergi berlibur ke suatu tempat, apalagi jika ini adalah pertama kalinya Kalian mengunjungi tempat ini.

Bagi Kalian yang ingin berlibur dengan suasana baru dan pemandangan yang menakjubkan. Cobalah berkunjung ke negara di atas awan yaitu Dieng, disini kamu akan mendapatkan pengalaman liburan yang dijamin seru dan berkesan.

Pesona Indahnya Golden Sunrise dari Negeri Atas Awan Dieng

Golden Sunrise dari Negeri Atas Awan Dieng

Pastinya nama tempat wisata Dieng sudah tidak asing lagi bukan? Dan tentunya beberapa orang juga pernah mengunjungi tempat ini, terutama bagi seseorang yang tinggal di pulau jawa.

Namun ada juga sebagian orang yang mungkin belum pernah mendengar tentang tempat indah ini. Dataran Tinggi Dieng terletak di Jawa Tengah tepatnya di kota Wonosobo yang memiliki ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut.

Untuk bisa mencapai tempat ini, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Dataran Tinggi Dieng memang sudah terkenal sebagai salah satu destinasi wisata alam yang indah dan ramah. Bagaimana tidak, di tempat ini akan terasa seperti pemandangan alam dalam lukisan.

Tak hanya itu, Dataran Tinggi Dieng juga sering digunakan para pecinta olahraga mendaki gunung yang mengagumi keindahan alam.

Tujuan para pendaki di Dataran Tinggi Dieng biasanya berada di Puncak Sikunir dan Gunung Prau, dari sini para pendaki akan melihat langsung sunrise yang biasa disebut dengan “golden sunrise” yang tentunya sangat indah dan mempesona dilihat.

Perbedaan keduanya terletak pada jarak dan cara menuju ke sana. Bagi Kalian yang ingin mencoba salah satu dari dua pendakian tersebut dan melihat keindahan matahari terbit yang terkenal, maka tidak ada salahnya untuk datang ke Dieng.

Untuk mencapai puncak Sikunir, pengunjung dapat menggunakan akses kendaraan pribadi untuk menuju basecamp bukit Sikunir, tepatnya di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Jawa.

Di sana pengunjung bisa menyewa banyak homestay di desa tersebut, namun bagi wisatawan dengan budget minim disarankan untuk membuat tenda di sekitar Danau Cebong.

Aturan untuk mendaki Bukit Sikunir adalah pengunjung tidak diperbolehkan mendirikan tenda di atas bukit dan bukit tersebut baru bisa didaki sekitar pukul 03.00 WIB.

Nah selanjutnya kamu harus mendaki bukit tersebut selama kurang lebih 15 menit dengan jalur yang berupa tangga yang sangat panjang.

Berbeda dengan Gunung Prau, pengunjung harus mendaki selama kurang lebih 2 hingga 3 jam untuk mencapai puncaknya.

Berbeda dengan Bukit Sikunir, bagi para pendaki Gunung Prau diperbolehkan mendirikan tenda di atas puncak dengan catatan harus mematuhi berbagai macam peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola.

Di puncak Gunung Prau Kalian akan menemukan bukit Teletubbies, inilah tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tenda karena posisinya yang strategis.

Kedua tempat tersebut memiliki pemandangan indah dan sunrise yang berbeda dari yang lain.

Namun selain kedua tempat tersebut, ada juga beberapa bukit yang masih dalam lingkup Wonosobo yang tak kalah indahnya untuk menikmati sunrise di pagi hari di sana.

Kedua bukit tersebut bernama Pakuwaja dan Seroja, namanya masih asing di telinga orang awam, namun para pendaki pasti sudah mengetahui tempat-tempat tersebut.

Untuk menuju Dieng, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan jasa travel Wonosobo yang murah.

Jika sudah sampai di alun-alun Wonosobo, Kalian hanya perlu naik mikrolet menuju Dieng, dan Kalian juga bisa bertanya kepada warga sekitar yang dikenal baik dan ramah.

Baca juga: Ragam Aktivitas Seru Liburan di Pantai Legian Bali

Tempat Alternatif Wisata Lainya di Daerah Dieng

Selain kedua tempat pendakian untuk melihat “golden sunrise” tersebut juga terdapat tempat-tempat yang bisa Kalian kunjungi selama berada di Dataran Dieng diantaranya Kawasan Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Warna dan masih banyak lagi yang lainnya yang jaraknya cukup jauh dan membutuhkan transportasi yang lebih banyak untuk mencapainya Kesana.

Bagi Kalian yang menyukai wisata kuliner juga banyak terdapat oleh-oleh khas dari dataran tinggi Dieng, salah satunya adalah manisan buah carica.

Ada juga makanan yang akan selalu Kalian temui di setiap jalan, yaitu mie ongklok yang memang sudah terkenal kenikmatannya. Kalian juga bisa membeli sayuran segar yang bisa dijual dengan harga murah.

Nah, betapa indah bukan? Dataran Tinggi Dieng sudah terkenal dan beberapa kali ditayangkan di televisi dan termasuk tempat wisata alam yang indah di pulau jawa lebih tepatnya di wonosobo jawa tengah.

Namun bagi Kalian yang sensitif atau tidak kuat dengan hawa dingin, sebaiknya bersiaplah untuk membawa jaket tebal. Mengapa?

Karena Dieng terkenal dengan suhu ekstrim dan pada bulan-bulan tertentu suhu di kawasan Dieng juga bisa minus beberapa derajat.

Semoga info wisata terkait Menikmati Keindahan Golden Sunrise di Negeri Awan Dieng bisa memberikan referensi dan bermanfaat untuk Kalian.