Wae Rebo Flores, Desa Wisata yang Terkenal Dikalangan Turis

Posted on

Wae Rebo Flores – Jika Kamu datang ke Lombok untuk menikmati pesona laut yang mengesankan, jangan lupa juga untuk berwisata ke tetangganya, Flores.

Di Flores yang masuk kawasan Nusa Tenggara Timur ini, Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai spot wisata seru dan menarik yang tentunya tidak kalah seru dengan liburan Kamu di Lombok.

Anda yang berwisata di Flores yang masuk ke kawasan Indonesia Timur akan menemukan banyak hal menarik.

Salah satunya adalah tempat wisata Wae Rebo yang sangat menggiurkan. Wae Rebo merupakan desa wisata yang kini sudah terkenal bahkan banyak wisatawan yang datang untuk menikmati budaya dan keramahan yang dipancarkan oleh Wae Rebo. Apakah Kamu juga tertarik untuk mengunjungi Wae Rebo?

Mengenal Desa Wisata di Wae Rebo, Flores

Wae Rebo Flores

Desa wisata Wae Rebo adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Lokasinya memang terpencil dan terisolasi karena berada di balik hutan. Jika ingin mengunjungi Wae Rebo maka harus menembus hutan sejauh 9 km.

Desa ini menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk menyaksikan sisi otentik perumahan Manggarai. Kamu juga dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

Di Wae Rebo Kamu berkesempatan untuk melihat mbaru niang yang merupakan rumah adat tradisional berbentuk kerucut melingkar dengan arsitektur yang sangat unik.

Sampai saat ini mbaru niang masih digunakan sebagai tempat untuk mengadakan pertemuan atau ritual doa bersama.

Rumah adat ini bahkan sempat memprihatinkan dimana kondisinya sudah mulai lapuk. Namun, pada tahun 2008, karena kunjungan dari Yori Antar rumah ini terselamatkan.

Jika Kamu datang mengunjungi Wae Rebo, Kamu tidak hanya akan melihat perumahan asli Manggarian tetapi Kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Di sini Kamu bisa melihat orang-orang yang berprofesi sebagai petani dan tukang kebun. Ada juga yang sibuk memanen dan mengolah kopi dan biji kopi. Kamu juga bisa menyaksikan aktivitas para wanita di Wae Rebo yang melakukan tenun songket tradisional.

Jika Kamu datang ke Wae Rebo, Kamu bisa membawa pulang kain songket yang ditenun oleh para wanita di Wae Rebo. Harganya tentu agak mahal karena kain tenun ini aslinya adalah tenunan.

Jika ingin bermalam di Niang Mbaru, kemudian menikmati makan malam dan bersosialisasi dengan masyarakat di desa wisata Wae Rebo, Kamu bisa bermalam di rumah warga dengan beralaskan tikar dari daun pandan.

Namun tentunya suasana kehangatan dan keakraban bisa Kamu rasakan di Wae Rebo. Dapatkan pengalaman berwisata yang menarik dan seru di Wae Rebo, Flores. Selamat berlibur.